Langsung ke konten utama

Lembaga Bank Dan Non Bank

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Lembaga Keuangan merupakan Lembaga yang hakiki dan berada di setiap negara, khususnya di Indonesia. Dalam suatu negara, Lembaga Keuangan merupakan suatu roda dalam kehidupan suatu negara. Jika di suatu negara tidak adanya Lembaga keuangan, maka kehidupan suatu negara tidak akan teratur. Dimana Lembaga keuangan berfungsi untuk mengatur sistem suatu negara, dapat diartikan pula Lembaga keuangan memiliki peran begitu penting bagi setiap negara.
Di Indonesia sendiri, Lembaga keuangan di bagi menjadi dua yaitu: Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Setiap Lembaga keuangan tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Pada makalah yang kami buat kami akan membahas mengenai “Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank”

1.2.  Rumusan Masalah

Secara umum, rumusan masalah  pada makalah “Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank” ini dapat dirumuskan seperti pada pertanyaan berikut.
a.       Apa itu Lembaga Keuangan?
b.       Apa itu Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank?
c.       Yang termasuk Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank ?

 1.3.  Tujuan

1.      Bagi Penulis
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yang diberikan guru mata pelajaran Perbankan Dasar. Selain itu, bagi diri kami pribadi makalah ini juga diharapkan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan yang lebih bagi para pelajar, baik dalam lingkup sekolah ataupun ruang lingkup lainnya.
2.     Bagi Pembaca
Makalah ini dimaksudkan untuk membahas Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank serta untuk menambah pengetahuan mengenai Lembaga Keuangan.  Diharapkan nantinya akan memberikan dampak yang baika dan positif serta menambah wawasan bagi para pembacanya.
3.   Bagi Masyarakat
Diharapkan masyarakat bisa lebih memahami tentang arti penting Lembaga Keuangan, sehingga nantinya tidak akan ada lagi salah informasi atau pemberitahuan dari pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. 








 

DAFTAR ISI





















 

BAB II PEMBAHASAN


 2.1.  Pengertian Lembaga Keuangan

Lembaga keuangan dimaksudkan sebagai perantara pihak-pihak yang mempunyai kelebihan dana (surplus of funds) dengan pihak-pihak yang kekurangan dan membutuhkan dana (lack of funds).
Menurut UU Perbankan No.14/1967, ps.1 ayat b menerangkan ; yang dimaksud dengan Lembaga Keuangan adalah semua badan yang melalui kegiatan-kegiatannya di bidang keuangan menarik uang dari dan menyalurkannya ke dalam masyarakat.

2.2.  Bentuk Lembaga Keuangan

Bentuk lembaga keuangan pada garis besarnya dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Keduanya memiliki perbedaan fungsi dan kelembagaannya dan juga mempunyai derivasi menurut fungsi dan tujuannya masing-masing.

2.2.1. Lembaga Keuangan Bank

Menurut UU Pokok Perbankan No.14/1967, didefinisikan sebagai Lembaga Keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.
Istilah bank berasal dari bahasa Itali, “Banca”, yang berarti meja yang dipergunakan oleh para penukar uang di pasar. Pada dasarnya bank merupakan tempat penitipan atau penyimpanan uang, pemberi atau penyalur kredit dan juga perantara di dalam lalu lintas pembayaran.
Ø Sebagai tempat untuk Penitipan atau Penyimpanan Uang.
Bank memberikan surat atau selembar kertas dalam bentuk sebagai :
§ Rekening Koran atau Giro (Demand Deposit)
Yaitu simpanan yang setiap saat dapat diminta kembali atau dipergunakan untuk melakukan pembayaran dengan mempergunakan check (perintah membayar).
Kalau kita menyimpan uang dalam bentuk ini biasanya tidak mendapatkan penghasilan dalam bentuk “bunga deposito”
§ Deposito Berjangka (Time Deposit)
Yaitu simpanan yang dititipkan ke bank untuk jangka waktu tertentu, misalnya 1, 3, 6, 12 bulan. Dalam artian bahwa uang tersebut dapat dipergunakan kalau waktu yang telah ditetapkan telah tiba. Untuk simpanan dalam  bentuk ini biasanya bank membayar bunga pada yang nasabah. (karena bank merasa dapat menggunakan uang tersebut dalam usahanya).
§ Tabungan.
Pada hakekatnya sama dengan time deposit, tetapi tabungan mempunyai persyaratan yang berbeda dengan time deposit. Misalnya Tabanas dan lainnya.
Ø Sebagai lembaga pembeli atau penyalur kredit.
Dalam hal ini bank dapat memanfaatkan uang yang disimpan nasabah dikarenakan tidak semua orang sekaligus dating berbondong-bondong ke bank untuk mengambil uangnya kembali. Pemanfaatan uang dilakukan dengan menyalurkan pada pihak yang membutuhkan kredit atau dibelikannya surat berharga yang menghasilkan tingkat bunga, atau malah bank melakukan ekspansi kredit.
Ø Sebagai perantara dalam lalu lintas pembayaran.
Bank bertindak sebagai penghubung antara nasabah jika melakukan transaksi. Dalam hal ini nasabah tidak secara langsung melakukan pembayaran, tetapi cukup memerintahkan pada bank untuk menyelesaikannya. Disamping itu bank juga menyelenggarakan jasa lainnya antara lain : pengiriman uang, jual beli saham dan valuta asing serta menagih uang atas nama pelanggan (Inkaso). Bank juga sering menawarkan jasa dalam penyimpanan barang-barang berharga.
Manajemen Bank
Manajemen bank adalah bagaimana bank mengatur penggunaan dananya. Hal ini disebabkan karena dana yang ada di bank sebagian besar milik orang lain. Untuk itu diperlukan kebijaksanaan oleh bank dalam pengaturan penggunaan dana tersebut. Kebijaksanaan tersebut terletak pada pemeliharaan keseimbangan yang tepat antara keinginan untuk memperoleh keuntungan (dengan jalan meminjamkan uangnya kepada orang lain atau menanamkan dalam bentuk surat berharga) dalam bentuk tingkat bunga dengan tujuan likuiditas dan solvabilitas bank.
         Likuiditas adalah kemampuan bank didalam menjamin terbayarnya utang jangka pendeknya. Pengukuran tingkat likuditas ini dilakukan dengan cara membandingkan antara kewajiban jangka pendek dengan alat-alat likuiditas.
Berdasarkan pengalaman dan ketentuan dari Bank Sentral di Indonesia pemegangan uang kas kira-kira 30% dari utang jangka pendeknya. Tetapi peraturan yang baru menyebutkan hanya 15% dari utang jangka pendeknya. (lihat edaran, Bank Indonesia, No. SE 10/12 UPPB tgl 30 Desember 1977)
         Solvabilitas adalah kemampuan untuk melunasi semua utang (jk pendek dan panjang). Diman solvabilitas bank tergantung pada solvabilitas masing-masing pelanggannya. Untuk menjaga solvabilitas bank, maka bank harus berhati-hati dan harus menyelidiki dulu apakah si calon peminjam sungguh-sungguh dapat dipercaya (reliable) dan juga dapat diandalkan (Bankble). Untuk ini bank melakukan analisa kredit kepada si calon peminta kredit dengan mengemukakan persyaratan-persyaratan yang dikenal dengan 5 C, meliputi :
§ Character                 :  sifat-sifat si calon peminjam
§ Capital                     :  modal dasar si calon peminjam
§ Capacity                   :  kemampuan si calon pemijam
§ Collateral                 :  jaminan yang disediakan di calon peminjam dan
§ Condition of economy       :  kondisi perekonomian
Tata Perbankan di Indonesia
Pada dasarnya bank dapat dibedakan menurut fungsi serta tujuan usahanya, yaitu :
1.Bank Sentral (Central Bank)
2.Bank Umum (Commercial Bank)
Sedangkan perbedaan lainnya hanya berdasarkan pemilik atau pengelola, yaitu :
1.Bank Pemerintah
2.Bank Swasta Nasional
3.Bank Asing (swasta)
Menurut UU Pokok Perbankan No.14/1967 :  system perbankan di Indonesia disusun sedemikian rupa agar Bank Sentral dapat melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan moneter oleh bank-bank dan untuk mengawasi serta memimpin seluruh system perbankan di Indonesia
Dengan demikian Bank Indonesia mempunyai tugas untuk mengkoordinir, membimbing, dan mengawasi seluruh dunia perbankan yang ada di Indonesia baik bank pemerintah, swasta nasional maupun bank asing.
Di dalam UU Pokok Perbankan No.14/1967,   : Jenis-jenis Lembaga Perbankan di Indonesia dibedakan menjadi 5 yaitu:           
1. Bank Sentral
Bank Sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). BI bertindak juga sebagai Bank Sirkulasi.
Fungsi serta tugas BI diatur dengan UU No.13/1968, disebutkan bahwa Bank Indonesia adalah milik Negara dan merupakan badan hukum. Bank Indonesia dipimpin oleh direksi yang terdiri dari seorang Gubernur dan 5 – 7 orang Direktur yang diangkat oleh Presiden.
Tugas pokok Bank Indonesia adalah sbb :
Mengatur, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah
Mendorong kelancaran produksi dan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja guna peningkatan taraf hidup rakyat.
Tugas Pokok tersebut dapat dirinci lagi sbb:
a) Sebagai Bank Sirkulasi, Bank Indonesia mempunyai hak tunggal untuk mengedarkan uang kertas dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah.
b) Sebagai Sentral, Bank Indonesia adalah Bank Pusat bagi bank-bank lainnya. Di mana dalam urusan perbankan dan perkreditan Bank Indonesia bertugas antara lain :
Menunjukkan perkembangan yang sehat dari urusan kredit dan perbankan
Membina perbankan dengan jalan memperluas, memperlancar dan mengatur lalu lintas pembayaran giral dan menyelenggarakanclearing antar bank.
Menetapkan ketentuan umum tentang solvabilitas dan likuiditas bank.
Memberikan bimbingan kepada bank guna penata laksanakan bank secara sehat
Meminta laporan dan mengadakan pemeriksaaan terhadap segala aktivitas bank guna mengawasi pelaksanaan ketentuan perbankan
Menentapkan tingkat dan struktur bunga
Menetapkan pembatasan kualitatif dan kuantitatif atas pemberian kredit oleh perbankan.
 Memberikan kredit likuiditas kepada bank
Dapat mengadakan ketentuan yang bertalian dengan penggunaan dana oleh lembaga-lembaga keuangan.
 Mendorong penyerahan dana masyarakat oleh perbankan untuk tujuan usaha pembangunan yang produktif dan berencana.
 Memindahkan uang, baik dengan pemberitahuan secara telegram (telegraphic transfer = TT), maupun dengan surat (mail transfer = MI), membeli dan menjual kertas perbendarahaan Negara
Memberi jaminan bank (bank garansi) dengan tanggungan yang cukup.
c) Sebagai pemegang kas pemerintah, Bank Indonesia :
Bertindak sebagai pemegang kas pemerintah
Menyelenggarakan pemindahan uang untuk pemerintah
Memberikan kredit kepada pemerintah dalam bentuk rekening Koran
Serta membantu pemerintah dalam penempatan surat-surat utang Negara
d) Dalam hubungan internasional Bank Indonesia bertugas antara lain :
Sebagai penyusun rencana devisa dengan memperhatikan posisi likuiditas dan solvabilitas internasional untuk diajukan kepada pemerintah melalui dewan moneter
 Mengawasi, mengurus, dan menyelenggarakan tata usaha cadangan emas dan devisa Negara
 Mengawasi dan mengkoordinir pembayaran internasional
e) Bank Sentral sebagai pelaksana kebijaksanaan moneter yang disusun oleh Dewan Moneter.
Dan Dewan Moneter bertugas membantu pemerintah dalam merencanakan dan menetapkan kebijaksanaan moneter, dengan mengajukan patokan-patokan dalam rangka usaha menjaga kestabilan moneter, kesempatan kerja penuh dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Dimana dewan moneter ini terdiri atas 3 anggota, yaitu :
§ Menteri Keuangan sebagai Ketua
§ Menteri yang membidangi perekonomian
§ Gubernur Bank Indonesia
Kebijakan Moneter yang dilaksanakan oleh Bank Sentral ada yang bersifat :
ü Quantitative Control Policy (kebijaksanaan pengawasan kuantitas), yaitu sebagai kebijaksanaan yang ditekankan untuk membatasi jumlah uang yang beredar (JUB).
Alat (instrument) yang biasa digunakan untuk melaksanakan kebijaksanaan ini adalah :
a) Rediscount rate policy, dinaikkan oleh pemerintah jika terlalu banyak JUB.
ü Dengan dinaikkan tingkat rediscount ini diharapkan bahwa oleh Bank-bank umum akan dinaikkan juga tingkat bunga pinjamannya, sehingga diharapkan masyarakat mengurangi hasrat mengambil kredit bank. Akibat akhirnya JUB diharapkan berkurang.
ü Rediscount diturunkan dengan tujuan untuk merangsang kegiatan usaha, karena dengan demikian bank umum akan memberikan tingkat bunga yang lebih rendah dengan harapan masyarakat mau mengambil kredit untuk memperluas usahanya.
b) Reserves requirement policy
Kebijakan ini merupakan factor penentu bagi kelebihan cadangan bank (bank excess reserves) dan kemampuan bank umum untuk mengembangkan kredit
c) Open market operation
Kebijaksanaan ini diartikan sebagai jual/beli surat-surat berharga pemerintah dengan tujuan mengurangi/menambah JUB. 
2. Bank Umum
Adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syari’ah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
Dari definisi di atas, maka bank umum dapat dibedakan menjadi :
  (1) Bank Umum Konvensional dengan falsafah bunga/interest
Lembaga Keuangan ini tujuannnya adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari selisih biaya dan pendapatan dan sumber pendapatan utama diperoleh dari “spread ” (penetapan bunga sebagai harga baik simpanan maupun pinjaman)
  (2) Bank Umum Syari’ah dengan falsafah bagi hasil
Lembaga keuangan yang penentuan harga produknya berdasarkan hukum Islam :
1. Bagi hasil/ mudharabah
2. Penyertaan modal/ musyarakah
3. Keuntungan jual beli/ murabahah
4. Sewa murni/ ijarab
5. Pemindahaan kepemilikan sewa/ ijarah wa iqtina
Jenis-jenis Bank Umum :
1. Bank-bank Pemerintah (pemerintahan pusat dan daerah)
2. Bank-bank swasta (nasional dan asing)
Fungsi utama Bank Umum :
1. Menghimpun dana & menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman.
2. Menyediakan mekanisme & alat pembayaran yang efisien dalam kegiatan ekonomi.
3. Menciptakan uang melalui pembayaran kredit & investasi.
4. Menyediakan jasa pengelolaan dana & trust atau wali amanat bagi individu & perusahaan.
5. Menyediakan fasilitas untuk perdagangan internasional.
6. Memberikan pelayanan penyimpanan untuk barang-barang berharga.
7. Menawarkan jasa-jasa keuangan lain berupa: kartu kredit, cek perjalanan, ATM, transfer dana dll.
Fungsi lain Bank Umum :
1.AGENT OT TRUST
· Percaya dari masyarakat kepada Bank
· Percaya dari Bank kepada masyarakat
2.AGENT OF DEVELOPMENT
· Memperlancar kegiatan pembangunan
3.AGENT OF SERVICE
· Memberikan penawaran jasa-jasa perbankan kepada masyarakat
3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, atau bentuk lainnya yang dipersamakan dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR. Dengan lokasi yang pada umumnya dekat dengan tempat masyarakat yang membutuhkan.
Status BPR diberikan kepada : Bank Desa, Lumbung Desa, Bank Pasar, Bank Pegawai, Lumbung Pitih Nagari (LPN), Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Badan Kredit Desa (BKD), Badan Kredit Kecamatan (BKK), Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK), Lembaga Perkreditan Kecamatan (LPK), Bank Karya Produksi Desa (BKPD), dan/atau lembaga-lembaga lainnya yang dipersamakan berdasarkan UU Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dengan memenuhi persyaratan tatacara yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.
Ada beberapa jenis usaha seperti yang dilakukan Bank Umum tetapi tidak boleh dilakukan BPR. Usaha yang tidak boleh dilakukan BPR adalah :
1. Menerima simpanan berupa giro.
2. Melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.
3. Melakukan penyertaan modal dengan prinsip prudent banking dan concern terhadap layanan kebutuhan masyarakat menengah ke bawah.
4. Melakukan usaha perasuransian.
5. Melakukan usaha lain di luar kegiatan usaha sebagaimana yang dimaksud dalam usaha BPR.

2.2.2. Lembaga Keuangan Non-Bank

Menurut Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/I97 :
Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah semua lembaga (badan) yang melakukan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga, kemudian menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan-perusahaan.
 Karakteristik Lembaga Keuangan Non-Bank :
· Tidak boleh menarik dana secara langsung dari masyarakat (giro, tabungan , deposito, promes)
· Penerbitan promes hanya dibolehkan sebagai jaminan atas pinjaman yang diperoleh dari bank
· Memberi pembiayaan baik untuk kebutuhan modal kerja maupun investasi dunia usaha
· Tidak diperbolehkan memberikan kredit secara langsung
 Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) di masyarakat :
a. Asuransi
Adalah perjanjian antara seseorang penanggung yang mengikat diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi dan memberi penggantian senilai yang diasuransikan kepada tertanggung karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan akibat peristiwa yang tidak tertentu. Penggantian kerugian akan dilakukan jika kerugian itu benar-benar terjadi dan bukan disengaja.
· Peran Asuransi :
1. sebagai lembaga pelimpahan risiko
2. sebagai lembaga penyerap dana dari masyarakat
· Syarat Asuransi :
1. Kerugiannya cukup besar, tetapi kemungkinan terjadinya sangat kecil sehingga asuransi terhadapnya dapat dilakukan secara ekonomis.
2. Kemungkinan kerugian dapat diperhitungkan.
3. Terdapat sejumlah besar unit yang terbuka terhadap risiko yang sama.
4. Kerugian yang terjadi bersifat kebetulan dan tertentu.
Ø Jenis Asuransi di Indonesia :
· Berdasarkan Fungsinya :
1. Asuransi kerugian, menjalankan usaha memberikan jasa untuk menanggulangi suatu risiko atas kerugian kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dengan peristiwa yang pasti. Contohnya asuransi kebakaran.
2. Asuransi jiwa, merupakan perusahaan asuransi yang dikaitkan dengan penanggulangan jiwa atau meninggalnya seseorang. Contoh asuransi berjangka, asuransi tabungan.
3. Reasuransi, merupakan perusahaan yang memberikan jasa asuransi dalam pertanggungan ulang terhadap risiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kerugian.
4. Asuransi sosial, yaitu perusahaan asuransi yang memberikan tanggungan kepada peserta yang meninggal, cacat, atau pensiun. Contoh:  PT Taspen (PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri), Jamsostek (PT Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja), BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan)
· Berdasarkan Kepemilikan :
1. Perusahaan asuransi milik pemerintah, yaitu asuransi yang sahamnya 100% dimiliki pemerintah.
2. Perusahaan asuransi milik swasta nasional, yaitu asuransi yang sahamnya 100% dimiliki oleh pihak swasta nasional.
3. Perusahaan asuransi milik perusahaan asing, yaitu asuransi yang beroperasi di Indonesia berupa cabang dan dimiliki 100% oleh pihak asing.
4. Perusahaan asuransi milik campuran, yaitu perusahaan asuransi yang sahamnya dimiliki oleh pihak swasta nasional dan pihak asing.
b. Koperasi Kredit / Simpan Pinjam
Kegiatan usaha yang dilakukan oleh koperasi kredit / simpan pinjam adalah melakukan usaha penyimpanan dan peminjaman uang untuk keperluan para anggotanya.
Tujuan koperasi simpan pinjam antara lain mendidik para anggota untuk lebih hemat, melayani anggota yang membutuhkan pinjaman, membimbing para anggota untuk memanfaatkan uang pinjamannya untuk kegiatan produktif, serta menyelamatkan anggota dari cengkeraman lintah darat.
Asal modal koperasi kredit / simpan pinjam :
1. simpanan pokok yang boleh diminta kembali jika anggota keluar
2. simpanan wajib sejumlah uang tertentu yang dilakukan secara teratur
3. simpanan suka rela yang setiap saat dapat diambil sesuai ketentuan koperasi yang bersangkutan.
4. dana cadangan
5. hibah
c. Pegadaian
Adalah suatu lembaga keuangan yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan barang atau surat-surat berharga. Perusahaan pegadaian  yang bergerak di Indonesia adalah Perum Pegadaian.
Tujuan utama usaha pegadaian adalah untuk mengatasi/ membantu agar masyarakat yang sedang membutuhkan uang segera mendapatkan pinjamansecara cepat dan terhindar dari rentenir.
Ciri-ciri pegadaian :
1. terdapat barang-barang berharga yang digadaikan
2. nilai jumlah pinjaman tergantung nilai barang yang digadaikan
3. barang yang digadaikan dapat ditebus kembali
Produk dan jasa Perum Pegadaian :
1. Pemberian pinjaman atas dasar hukum gadai
2. Penaksiran nilai barang
3. Penitipan barang
4. Jasa lainnya, seperti kredit pegawai, gold counter atau tempat penjualan emas
d. Dana Pensiun
Menurut UU No. 11 Tahun 1992, dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.
Kegiatan dana pensiun adalah memungut dana dari iuran yang dipotong dari pendapatan / gaji pengawai setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja.Iurantersebut dibayarkan kembali bila pegawai sudah tidak bekerja lagi (pensiun).
Tujuan diberikannya dana pensiun bagi karyawan antara lain untuk memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah mengabdi di perusahaan tersebut, meningkatkan motivasi karyawan, serta meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah. Selain itu dengan adanya dana pensiun, para pegawai yang sudah tidak bekerja lagi tetap dapat menikmati hasil  yang diperoleh selama bekerja di perusahaannya. salah satu contohnya adalah PT Taspen.
e. Lembaga Pembiayaan atau multifinance
Salah satu Lembaga Keuangan bukan Bank di Indonesia yang mempunyai kegiatan membiayai kebutuhan masyarakat baik bersifat produktif maupun konsumtif. Beberapa bentuk lembaga pembiayaan,di antaranya ialah sewa guna usaha (leasing),modal ventura (kodal patungan), kartu plastik (ATM dan kartu kredit), anjak piutang (factoring), dan pembiayaan konsumen (consumers finance), penjelasannya adalah sebagai berikut :
· Sewa guna usaha (leasing) adalah kegiatan sewa atau menyewakan aktiva tetap, khususnya barang modal. Contoh perusahaan leasing adalah penyewaan mobil.
· Modal ventura (venture capital) adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal perusahaan tertentu ke perusahaan lainnya. Di Indonesia, perusahaan modal ventura lebih berwujud ke perusahaan pembiayaan atau pemberi pinjaman.
· Kartu plastik adalah benda berbentuk kartu yang berbahan dasar plastik yang digunakan untuk kebutuhan transaksi keuangan. Jenis kartu yang umum digunakan adalah kartu kredit dan kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit. Kartu plastik diterbitkan oleh lembaga keuangan terutama oleh perbankan.
· Anjak piutang adalah lembaga pembiayaan yang kegiatannya berupa pengalihan piutang serta pengelolaan dan administrasi piutang. Pengalihan piutang merupakan kegiatan pembiayaan karena perusahaan anjak piutang memberikan sejumlah dana tertentu kepada klien untuk mengganti piutang yang belum tertagih.Kegiatan pengalihan piutang ini dikenal dengan jasa financing. Sedangkan jasa pengelolaan dan administrasi piutang dikenal dengan jasa non-financing.
· Pembiayaan konsumen (consumers finance) adalah kegiatan pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bagi konsumen dan ditujukan untuk pembelian barang-barang yang bersifat konsumtif dan bukan untuk keperluan produktif. Contoh lembaga pembiayaan konsumen di Indonesia adalah “Sumber Kredit”.
f. Pasar Modal
Kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, dan lembaga profesi yang berkaitan dengan efek. Istilah lain bagi pasar modal adalah Bursa Efek. Adapun efek artinya surat-surat berharga.
Di dalam pasar modal, barang yang diperdagangkan tidak seperti pada pasar barang seperti baju, sepatu, tas, tetapi barang yang diperdagangkan berupa surat-surat berharga. Surat-surat berharga yang diperjual belikan di pasar modal disebut instrumen pasar modal. Instrumen di pasar modal dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu : saham, obligasi, dan derivatif. penjelasannya adalah sebagai berikut :
1. Saham, merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan dengan adanya modal yang disetor. Keuntungan yang diperoleh dari saham tersebut disebut dividen.Adapun jenis saham dibedakan menjadi dua yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock).
2. Obligasi, merupakan surat pengakuan utang jangka panjang yang dikeluarkan suatu perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh dana. Selain perusahaan, pemerintah juga menerbitkan obligasi untuk memperoleh dana pembangunan, misalnya perbaikan jalan, pembangunan gedung sekolah, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Pemegang obligasi akan memperoleh bunga secara periodik dan akan menerima pokok pinjaman pada tanggal jatuh tempo.Keuntungan membeli obligasi diwujudkan dalam bentuk kupon.
3. Derivatif, merupakan bentuk turunan dari saham. Derivatif yang ada di Indonesia berupa :(a) Warrant, yaitu efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberikan hak kepada pemegang efek untuk membeli saham langsung dari perusahaan tersebut dengan harga dan waktu yang telah ditetapkan.(b) Right, yaitu hak dari pemegang saham yang ada untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan oleh perusahaan sebelum saham tersebut ditawarkan kepada pihak lain atau hak memesan efek terlebih dahulu. 
Pelaku Pasar Modal :
1. Pengawas,Tugas pengawas pasar modal secara resmi dilakukan oleh Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal). Bapepam adalah lembaga pemerintah di bawah Departemen Keuangan. Tugas Bapepam membuat peraturan-peraturan sebagai pedoman bagi seluruh pelaku pasar modal dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan tersebut (memberikan sanksi bila terjadi pelanggaran).
2. Penyelenggara Bursa, Badan yang bertugas menyelenggarakan bursa (perdagangan efek) adalah Bursa Efek. Bursa Efek ini yang akan memberikan fasilitas perdagangan, sehingga selalu memperbaiki teknologi yang dimiliki agar proses perdagangan berjalan fair dan efisien.
3. Pemain Utama, disebut pemain utama, karena pihak-pihak ini yang paling berperan dalamperdagangan efek. Berikut ini pemain utama dalam Bursa Efek.
Istilah Pihak lain :
1. Emiten adalah pihak yang melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa. Dalam melakukan penjualannya, emiten dapat memilih dua macam instrumen pasar modal, yaitu bersifat kepemilikan atau utang.
2. Investor adalah pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga. Sebelum membeli atau menanamkan modalnya, investor melakukan analisis terhadap perusahaan tersebut, prospek emiten, dan lain-lainnya. Investor ini dapat berasal dari dalam negeri dan luar negeri.
3. Penjamin Emisi (Underwriter)merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham atau obligasi sampai batas waktu tertentu.
4. Perantara Perdagangan Efek (Pialang) merupakan perantara antara penjual dengan pembeli surat-surat berharga.Pialang disebut juga broker. Tugas pialang meliputi: memberikan informasi tentang emiten, dan melakukan penjualan surat-surat berharga kepada para investor.
5. Manajer Investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola efek untuk para nasabah.
Manfaat Pasar Modal :
Keberadaan pasar modal telah memberikan manfaat bagi beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut, antara lain :
1. Investor, karena memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki perusahaan yang sehat dan mempunyai prospek yang baik di masa depan. Selain itu pasar modal telah memberikan alternatif investasi yang memberikan potensi keuntungan dengan risiko yang bisa diperhitungkan.
2. Dunia Usaha, karena pasar modal memberikan keterbukaan bagi dunia usaha melalui saham-saham yang diperdagangkan. Dengan demikian, pasar modal menjadi sumber pembiayaan jangka panjang.
3. Pemerintah Pasar modal, karena memberikan manfaat tersendiri bagi pemerintah. Adanya pasar modal, pemerintah dapat mendorong perkembangan pembangunan, meningkatkan investasi dan menciptakan kesempatan kerja.

 

BAB III  PENUTUP 


3.1. Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai “Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank, diketahui bahwa setipa Lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Baik Lembaga keuangan bank dan Non Bank memilili tugas, fungsi serta peranan penting dalam suatu negara. Dimana di Indonesia sendiri Bank Sentral sebagai bank sirkulasi yang juga mengatur kestabilan nilai rupiah di Indonesia, begitu juga dengan bank – bank lainnya yang mempunyai tugas dan fungsinya masing – masing. 
Lembaga keuangan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kepada masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sedangkan lembaga keuangan non bank adalah suatu lembaga yang yang menjalankan kegiatan di bank namun tidak selengkap di bank.
Jenis – jenis lembaga keuangan non bank yaitu asuransi, leasing, anjak piutang (factoring), modal ventura, kartu kredit dan lembaga pembiayaan konsumen.
Peranan lembaga keuangan non bank dalam mengembangkan perekonomian dalam masyarakat sangatlah penting karna lembaga keuangan non bank bisa di jadikan pilihan kedua dalam mengembangkan suatu usaha dan membantu kelompok masyarakat yang tidak terfasilitasi oleh bank.





3.2. Saran

Terdapat 3 pertanyaan dari beberapa kelompok, diantaranya:
Dari Kelompok 4
Penanya : Britney
1. Contoh dari Likuiditas dan Solvabilitas!
Jawab : Contoh Likuiditas : berupa giro, tabungan dan sertifikat. 
        Contoh Solvabilitas : berupa asuransi dan deposito.
Dari Kelompok 5
Penanya : Adhi & Sutarmiasih
2. Jenis Koperasi dan kegiatannya!
3. Jelaskan apa perbedaan bank dan operasi?
Jawab : Koperasi Simpan Pinjam atau Koperasi Kredit, kegiatannya melakukan usaha penyimpanan atau peminjaman untuk keperluan anggotanya.
Jawab : Bank > Lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam lingkup yang lebih luas.
        Koperasi > Lembaga yang  melakukan usaha penyimpanan atau peminjaman untuk keperluan anggota koperasi tersebut hanya dalam lingkup anggota koperasi saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 








DAFTAR PUSTAKA


Brata,Amsa.1994.  Perbankan. Bandung: CV. Amrico.
Muhammad. 2000. Lembaga-Lembaga Keuangan Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press.
Anshori,Abdul Ghofur. 2011. Gadai Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudarsono,Heri. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonsia.
Martono. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Ekonsia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidarta Bahasa Bali

Pidarta Pidarta inggih punika daging pikayunan sane kawedar ring sane akeh, sane matetujon napi sane kabaosang jagi karesapang tur kalaksanayang. Tata Cara Mapidarta Pidarta Tutur(Ekstempore), inggih punika pidarta sane sampun karencanayang, utawi nenten ngangen teks. Pidarta Ardatutur(Memoriter), inggih punika pidarta sane ngabe ringkasan teks. Pidarta Dadakan(Impromtu), inggih punika pidarta sane nenten karencanayang, utawi dadakan. Pidarta Ngwacen Naskah(Manuskrip), inggih punika pidarta sane ngangen naskah, utawi ngwacen naskah. Wangun Pidarta (Format Pidarta) Murdha: Judul Pamahbah; Pembukaan, terdiri dari: Matur suksma, Pangastuti(salam), Ngaturang pangayubagia. Daging: isi Penutup, terdiri dari: Nyutetang, Matur suksma, Nunas ampura, Pangastuti pamuput. Tetikesan Mapidarta inggih punika hal-hal sane dados diperhatikan. Wicara Wirama Wirasa Wiraga Wates lengkara Liur Bebaosan Pidarta Dharma Wacana, inggih punika bebaosan pida

Tari Rejang Dewa

SENI BUDAYA TARI REJANG DEWA   OLEH : 1.     CHRISTINA BRITNEY LAKE                             (02) 2.     NI MADE DWI WAHYUNI APRILIA                (12) 3.     NI LUH PUTU INDAH PUTRI DENANTHI      (13) 4.     NI WAYAN SRI AYUNI                                         (15) 5.     PUTU WINIASTITI                                                 (17) SMK TI BALI GLOBAL JIMBARAN Tahun Ajaran 2017/2018 K ata Pengantar Puji syukur kepada Tuhan Yang maha Esa atas segala limpahan rakhmat-Nya dan berkah-Nya kepada kita semua, sehingga makalah yang kami buat ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak lain yang telah berkontribusi dengan memberikan kami informasi, pengetahuan maupun pikiran tentang materi yang kami buat. Dengan harapan penuh kami, kami menginginkan para pembaca dapat

Kekuasaan Negara

A. SISTEM PEMBAGIAN KEKUASAAN NEGARA REPUBLIK 1. MACAM-MACAM KEKUASAAN NEGARA             Kekuasaan merupakan kemampuan seseorang untuk memengaruhi orang lain supaya melakukan tindakan-tindakan yang dikehend      aki atau diperintahkannya. Sedangkan Kekuasaan negara merupakan kewenangan negara untuk mengatur seluruh rakyatnya guna mencapai keadilan dan kemakmuran, serta keteraturan. Disamping itu terdapat dua tokoh yang mengemukakan tentang kekuasaan negara yaitu, John Locke dan Montesquieu. 1.       Menurut John Locke yang dikutip oleh Riyanto (2006:273) bahwa kekuasaan negara dapat dibagi menjadi tiga macam, sebagai berikut. a)       Kekuasaan Legislatif, kekuasaan yang berwenang membuat dan membentuk UU. b)       Kekuasaan Eksekutif, kekuasaan yang berwenang melaksanakan UU dan mengadili setiap pelanggaran UU. c)       Kekuasaan Federatif, kekuasaan yang berwenang melaksanakan hubungan luar negeri. 2.       Sedangkan menurut Montesqueiu yang dikutip oleh Riyanto (2006